Pages

Selasa, 24 Juni 2014

UNSUR INTRINSIK NOVEL NATSUKA


UNSUR-UNSUR INTRINSIK :
TEMA                                    : Kekeluargaan.
PESAN PENGARANG        : cinta harus kita perjuangkan dan harus jujur dengan
                                                 diri kita sendiri.
 # TOKOH :
·         tokoh utama : Natsuka Matsumada.
·         tokoh tambahan : Kei Matsumada, Aoiki Matsumada, Kikiro Uehara, Tomo Ueda, Makino, Yuu Miyama.
 # KARAKTER TOKOH :

1.      NATSUKA MATSUMADA
* Gigih
  •       Tampaknya aku termasuk tipe yang gigih ya, aku masih belum mau menyerah pada aoiki.

* Suka membantu
  •       Aku segera membantu kikuchi berdiri,”kamu bisa berdiri?”tanyaku padanya.
  •       Aku mendesah dan segera membantu dia membereskan buku-buku miliknya, lalu aku menyodorkan saputangannya milikku.

* mengancam
  •       “marah? Heh, yang benar saja. Coba kalau kamu bisa panggil kikuchi sekarang untuk menghajrku. Apa yang dia bisa ? hah!apa”aku berteriak dengan kalap sambil menyabetkan belati kemuka.

*suka ikut campur
  •       “natsuka kamu harus beljar untuk tidak ikut campur urusan orang lain,”nasihat pamanku.



2.      KEI MATSUMADA 
*Ramah
  •       Kei benar – benar ramah dari pada aoiki.
  • *      oh dia manis bukan? Ku pikir aku akan sangat senang memiliki kakak seperti dirinya, dia begitu baik padaku dan sangat ramah

3.      AOKI MATSUMADA
*Suka mengejek
  •       “yah, buruk kalau natchan ikut dalam pelajaran bahasa jepang, aku yakin gurunya akan memberikan nilai nol, ucap aoiki setengah mengejek.

*Cerewet
  •       Berkali-kali aku turun naik yangga rumah dan membuat aoiki berteriak-teriak melihat tingkahku kalian akan percaya kalau aoikui ternyata sangat cerewet kalau menyangkut ketenangan.

*Suka membentak
  •       “Natchan, kamu dimana? Aku sudah berkali-kali meneleponmu,tetapi ponselmu tidak aktif!”bentak suara diseberang sana.hah!siapa si yang memiliki bentakan khas begitu,kecuali aoiki.

*Suka bertengkar
  •       Selagi aku didapur, aku mendengar kikiro dan aoiki mulai bertengkar lagi, dan kali ini lebih hebat dari yang lalu.


4.      TOMO UEDA
*Suka membantu
  •       “kalau begitu, biar aku temani kamu, “ Tomo menawarkan bantuan padaku.

5.      MAKINO
*Menindas orang yang lemah
  •       Hobinya,ya itu, mengencet “anak-anak lemah seperti kikuchi.

*Suka ngerjain orang
  •       Dan,yang paling kejam adalah memasukkan barang di toko buku pada tas kikuchi hingga kikuchi dianggap mencuri.

    * Takut
  •       Makinolah yang tampak tegang karena kabar itu ,katanya, dia menerima telepon yang berisi suara kikuchi yang mengatakan dendam,AKU DENDAM.



6.      KIKIRO
*keras kepala
  •       “ adik! Sejak kapan! Aku sudah katakana, aku tidak akan mengganti nama keluargaku dengan nama keluargamu, itu sudah aku putuskan  saat mamaku menikah dengan papamu!” suara Kikiro laksamana jeritan.

7.      YUU MIYAMA
*Kejam
  •       “Bagaimana kalau kita main gantung-gantungan? Gadis ini yang kita gantung,kita lihat berapa lama lehernya bertahan di tali gantungan. Kalian setuju!”tanyanya nyaris gembira dan makino tercekat.

*Mengancam
  •       “kalau kamu menolak, dia mati ! “ tegasnya seumur-umur aku belum pernah bertemu orang yang memaksa orang lain jadi pacarnya dengan cara mengancam seperti ini , aku pun menggigil ngeri.




  # SETTING/ LATAR :
            $ LATAR TEMPAT :
                    @ JEPANG
·         Dan, aku sekarang sudah sampai Jepang!
HEI! JEPANG! HERE I COME!
@ SHIBUYA
·         Ini pertama kalinya aku berjalan-jalandi Shibuya.
@ TOKYO
·         Hari ini Sabtu, kuliah libur dan Kei mengusulkan agar aku berjalan-jalan melihat Tokyo.
@ TAMAN
·         Tepat di depan pintu keluar Yomanote Line, ad ataman yang sering disebut Hachikoen.
@ KAMAR
·         Aku menatap bintang-bintang dari dalam kamar.


@ RUMAH KIKUCHI
·         Ketika aku dan Tomo pergi mengunjungi rumah Kikuchi dengan maksud melayat, aku bertemu dengan Yuu Miyama untuk yang pertama kalin-aku mengatakan pertama kali karena suatu hari aku akan bertemu dengannya lagi.
                 @ KELAS
·         Aku tidak tahu semua itu bermula dari apa, tapi ketakutan dan kengerian itu mulai melanda kelasku.
                 @ RUMAH OJISAN
·         Aku pulang dengan lunglai dan terperanjat ketika mendapati tidak ada seorangpun di rumah.
                 @ RUMAH SAKIT
·         Di rumah sakit tampak Bibi, Aoiki,serta Kikiro.
                 @ NAGOYA
·         “ ya, kita bias menginap di penginapan dan melihat pesta kembang api di sana, natchan juga bias lihat kuil-kuil menarik di Nagoya,” ujar Kei dengan semangat.
                 @ SHINJUKU
·         Itu suatu hal yang aneh, apalagi mengetahui bahwa Shinjukulah markas besar Yuu Miyama sebagai ketua Geng Barat.

$ LATAR WAKTU :
1.  PAGI
·         Hari Minggu aku bangun lebih pagi untuk bersiap-siap, sampai Kei menggodaku dan mengatakan bahwa aku akan kencan.
2.   SIANG
·         waktu itu belum malam, masih siang malah.
3.      MALAM
·         Malamnya Yuu meneleponku, dia menyanyakan kabarku dan mengajakku kencan lagi.

$ LATAR SUASANA :
1.      SUNYI
·         Baiklah, rumah tampak lebih sepi dari semula.
2.      HEBOH
·         Seluruh kelas berubah heboh, semua siswa saling berbisik ngeri.
3.      KECEWA
·         “ aku belum bias memutuskannya. Besok saja kamu pelepon aku lagi ya,” ujarku sok jual mahal. Wajah Yuu tampak kecewa, tapi dia tidak memaksa.
4.      GEMBIRA
·         Bibi Takako hamil dan membuat semua orang di rumah gembira, Kikiro dating ke rumah sebelum tahun baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar